Pages

Tuesday, August 25, 2015

Ciplukan sebagai obat tradisional

Ceplukan
Gambar Daun Ceplukan
Untuk jenis yang mirip namanya, lihat Ceplukan blungsun.
Ceplukan atau ciplukan adalah nama sejenis buah kecil, yang ketika masak tertutup oleh perbesaran kelopak bunga. Buah ini juga dikenal dengan pelbagai nama daerah seperti cecenet atau cecendet (Sd.), nyurnyuran (Md.), dan kopok-kopokan (Bl.).

Pemerian
Herba berumur setahun, tegak, tinggi s/d 1 m. Batang berusuk (=angulata) bersegi tajam dan berongga. Daun berbentuk bundar telur memanjang berujung runcing, dengan tepi rata atau tidak, 2,5-10,5 × 5–15 cm.

Bunga di ketiak, dengan tangkai yang tegak, keunguan, dan dengan ujung yang mengangguk. Kelopak berbagi lima, dengan taju yang bersudut tiga dan meruncing, hijau dengan rusuk keunguan. Mahkota serupa lonceng, berlekuk lima dangkal, kuning muda dengan noda kuning tua dan kecoklatan di leher bagian dalam, 7–9 mm tingginya. Tangkai sari kuning pucat dengan kepala sari biru muda.

Buah dalam bungkus kelopak yang menggelembung berbentuk telur berujung meruncing, hijau muda kekuningan, dengan rusuk keunguan, 2–4 cm panjangnya. Buah buni di dalamnya bulat memanjang, 1,5–2 cm, kekuningan jika masak, manis dan disukai anak-anak.

Ekologi dan kegunaan
Umumnya tumbuh liar, ceplukan biasa didapati bercampur dengan herba dan semak lainnya di kebun, tegalan, sawah yang mengering, tepi jalan, tepi hutan dan bagian-bagian hutan yang terbuka disinari terik matahari.

Buahnya digemari anak-anak. Seluruh bagian tumbuhan, dari daun sampai akar dan biasanya dikeringkan lebih dulu, digunakan sebagai bahan ramuan obat tradisional.

Jenis yang mirip
Di Jawa juga diketahui adanya jenis Physalis minima yang mirip bentuknya. Beberapa perbedaannya dengan jenis di atas ialah, P. minima berambut panjang pada bagian-bagian batang dan daun yang berwarna hijau (angulata: berambut pendek atau gundul); tanda V di bawah noda di leher mahkota tidak jelas (angulata: ada kelompok rambut pendek dan rapat membentuk tanda V yang jelas); dan kepala sari berwarna kuning dengan sedikit warna biru.

Ceplukan badak Physalis peruviana dibudidayakan orang di Amerika Selatan, Australia dan Selandia Baru. Buahnya sebagian diekspor ke Eropa.

Ciplukan sebagai obat tradisional untuk pengobatan penyakit:
  • Borok atau bisul, caranya : pengobatan untuk borok, ambilah daun ciplukan kira-kira 1 genggam dan cuci bersih, tambah air kapur sirih 2 sendok  makan, kemudian tumbuk hingga halus, lalu tempelkan pada luka/borok tersebut. Sedangkan untuk pengobatan Bisul: ambilah daun ciplukan kira-kira 1/2 genggam jangan  lupa dicuci kemudian digiling sampai halus. Lalu tempelkan pada bisul dan dibalut dan ganti 2 kali sehari.
  • Diabetes militus, caranya : ambilah pohon ciplukan yang sudah berbuah, ambil semua bagian ciplukan dari daun hingga akar kemudian cuci bersih, lalu biarkan dulu hingga layu, kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tiriskan hingga airnya tinggal 1 gelas.
  • Influenza dan sakit tenggorokan, caranya : Ambil semua bagian dari tumbuhan ciplukan dan cuci bersih, potong seukuran 3-4 cm kemudian jemur, jika sudah agak kering ambilah dan bungkus agar tidak lembab, ambil 9-15 gr dan rebuslah, lalu diminum airnya. Lakukan 3 kali sehari.
  • Menurunkan tensi darah, nah untuk yang ini pengalaman pribadi yakni ketika tensi darah paman saya naik, beliau sering mencari tumbuhan ciplukan untuk dijadikan obat tradisional menurunkan tensinya. Untuk caranya sama dengan penggunaan pada penyakit diabetes mellitus.