Buah Campedak Sebagai Obat

Cempedak
Gambar buah campedak
Cempedak adalah tanaman buah-buahan dari famili Moraceae. Bentuk buah, rasa dan keharumannya seperti nangka, meski aromanya kerap kali menusuk kuat mirip buah durian.

Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara, dan menyebar luas mulai dari wilayah Tenasserim di Burma, Semenanjung Malaya termasuk Thailand, dan sebagian Kepulauan Nusantara: Sumatra, Borneo, Sulawesi, Maluku hingga ke Papua. Juga banyak didapati di Jawa bagian barat.

Dikenal secara luas sebagai cempedak atau campedak, buah ini juga memiliki beberapa nama lokal seperti bangkong (cempedak hutan, bentuk liar di Malaysia), baroh (Kep. Lingga dan Johor), nangka beurit (Sunda), nongko cino (Jawa), cubadak hutan (Minangkabau) tiwadak (Banjar) dan lain-lain.

Buah semu majemuk (syncarp) berbentuk silinder sampai bulat, 10-15 × 20–35 cm, kehijauan, kekuningan sampai kecoklatan, dengan tonjolan piramidal serupa duri lunak yang rapat atau licin berpetak-petak dengan mata faset. 'Daging buah' sesungguhnya adalah perhiasan bunga yang membesar dan menebal, putih kekuningan sampai jingga, manis dan harum, bertekstur lembut, licin berlendir di lidah dan agak berserat. Tidak seperti nangka, keseluruhan massa daging buah beserta bunga-bunga steril atau gagal (dikenal sebagai 'dami') mudah lepas dari poros ('hati') buah semu apabila masak. Biji bulat gepeng atau memanjang, 2–3 cm.

Hasil dan kegunaan
Buah dimakan dalam keadaan segar atau diolah terlebih dulu. Daging buah cempedak, kadang-kadang beserta bijinya sekali, diberi tepung, gula atau garam dan digoreng, dijadikan camilan minum teh atau kopi. Bijinya dapat digoreng, direbus atau dibakar, sebelum dimakan dengan campuran sedikit garam. Buah mudanya, sebagaimana nangka muda, dapat dijadikan sayur.

Kayunya berkualitas baik, kuat dan awet, sehingga kerap digunakan sebagai kayu bangunan, bahan perabotan rumah, atau bahan perahu. Kulit kayunya yang berserat dapat digunakan sebagai bahan tali, dan getahnya untuk memukat burung. Dari kayunya juga dapat dihasilkan bahan pewarna kuning.

Ekologi
Secara alami, cempedak liar banyak dijumpai di hutan hujan dataran rendah, baik hutan primer maupun sekunder. Tumbuh hingga ketinggian sekitar 1000 m dpl, pohon buah ini menyukai daerah-daerah dengan musim kering yang tidak tegas, lahan dengan permukaan air tanah yang dangkal, dan bahkan tahan sesekali tergenang banjir.

Cempedak biasa ditanam di pekarangan, kebun campuran, sampai ke wanatani kompleks, yang tidak jarang meliar menjadi hutan sekunder. Cempedak juga dapat bersilangan secara alami dengan nangka.

Di bawah Ini khasiat buah campedak selain buat makanan bisa juga sebagai obat :

1.Menyehatkan mata
Siapa yang tidak ingin memiliki mata yang sehat? Buah Cempedak mengandung Vitamin A yang berarti membantu menambah kesehatan pada mata kita. Ada banyak buah dan sayur yang mengandung Vitamin A tetapi buah Cempedak menjadi salah satu buah yang manis dan nikmat untuk dikonsumsi sebagai pemasok Vitamin A dalam tubuh.

2.Sebagai bahan makanan
Sama seperti Nangka, buah cepedak juga dapat diolah. Sampai saat ini daging buah Cempedak kebanakan oleh masyarakat kita dibuat menjadi kolek dan digoreng layaknya gorengan. Rasanya nikmat namun perlu diingat, buah yang digoreng tidak begitu memberi efek baik pada tubuh. Sehingga harus dilihat juga kebersihan dan kondisi minyak untuk menggoreng buah Cempedak.

3.Merendahkan kolesterol pada darah
Buah Cempedak juga memiliki manfaat untuk tubuh kita dalam hal merendahkan kadar kolesterol. Kandungan Vitamin C dapat mengusir kolestrol jahat agar tidak mebgalir dalam darah dan membantu kolesterol baik untuk mengalir secara lancar. Kolesterol jahat dapat menimbulkan banyak penyakit berat seperti sakit jantung.

4.Meredakan tumor
Ada banyak ahli kesehatan yang mengatakan kalau buah Cempedak mampu membantu mengobati penyakit tumor. Tetapi sampai saat ini belum ada hal pasti mengenai hal tersebut. Melihat dari kandungannya seperti bioflavanoid, kemungkinan besar memang dapat membantu meredakan tumor.

5.Meredakan malaria
Bioflavanodi dan kandungan enzim juga berbagai vitamin dalam buah Cempedak juga dikatakan dapat membantu penderita malaria untuk sembuh. Makanlah dalam bentuk mentah atau tidak diolah. Atau bisa dikatakan makanlah buah Cempedak alami.

6.Mengusir parasit
Di dalam tubuh kita dapat berkeliaran banyak parasit yang dapat menganggu kerja organ tubuh. Selain itu parasit – parasit tersebut juga dapat menimbulkan penyakit yang tidak terduga, Buah Cempedak memiliki manfaat untuk mengusir parasit – parasit yang tidak dibutuhkan oleh tubuh kita tersebut.

7.Menjaga pencernaan
Buah cempedak juga mampu membantu dan menjaga pencernan dalam tubuh kita berjalan lancar. Kandungan Vitamin C dalam buah ini mampu menghindari kita dari penyakit sembelit atau sulit buang air besar.

8.Memberi asupan air
Buah Cempedak memang tidak dapat tumbuh di tempat yang bukan tropis karena buah ini membutuhkan banyak asupan air untuk tumbuh. Sama seperti manfaatnya, karena buah ini memakan banyak asupan air ketika tumbuh, buah Cempedak juga mengandung banyak asupan air bila dikonsumsi. Dan ini membantu untuk memberi asupan air dalam tubuh kita.

Sumber : Wikipedia

 
Copyright ©2015-2018Resep Masakan-
Template By. Catatan Info