Pages

Wednesday, August 19, 2015

Khasiat Kecantikan Dan Kesehatan Buah Bengkuang

Bengkuang
Gambar BengkuangBengkuang atau bengkoang (Pachyrhizus erosus) dikenal dari umbi (cormus) putihnya yang bisa dimakan sebagai komponen rujak dan asinan atau dijadikan masker untuk menyegarkan wajah dan memutihkan kulit. Tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis ini termasuk dalam suku polong-polongan atau Fabaceae. Di tempat asalnya, tumbuhan ini dikenal sebagai xicama atau jícama. Orang Jawa menyebutnya sebagai besusu (/bəsusu/).

Pengenalan
Bengkuang merupakan liana tahunan yang dapat mencapai panjang 4-5m, sedangkan akarnya dapat mencapai 2m. Batangnya menjalar dan membelit, dengan rambut-rambut halus yang mengarah ke bawah.

Daun majemuk menyirip beranak daun 3; bertangkai 8,5-16 cm; anak daun bundar telur melebar, dengan ujung runcing dan bergigi besar, berambut di kedua belah sisinya; anak daun ujung paling besar, bentuk belah ketupat, 7-21 × 6–20 cm.

Bunga berkumpul dalam tandan di ujung atau di ketiak daun, sendiri atau berkelompok 2-4 tandan, panjang hingga 60 cm, berambut coklat. Tabung kelopak bentuk lonceng, kecoklatan, panjang sekitar 0,5 cm, bertaju hingga 0,5 cm. Mahkota putih ungu kebiru-biruan, gundul, panjang lk. 2 cm. Tangkai sari pipih, dengan ujung sedikit menggulung; kepala putik bentuk bola, di bawah ujung tangkai putik, tangkai putik di bawah kepala putik berjanggut. Buah polong bentuk garis, pipih, panjang 8–13 cm, berambut, berbiji 4-9 butir.

Manfaat
Tumbuhan ini membentuk umbi akar (cormus) berbentuk bulat atau membulat seperti gasing dengan berat dapat mencapai 5 kg. Kulit umbinya tipis berwarna kuning pucat dan bagian dalamnya berwarna putih dengan cairan segar agak manis. Umbinya mengandung gula dan pati serta fosfor dan kalsium. Umbi ini juga memiliki efek pendingin karena mengandung kadar air 86-90%. Rasa manis berasal dari suatu oligosakarida yang disebut inulin (bukan insulin!), yang tidak bisa dicerna tubuh manusia. Sifat ini berguna bagi penderita diabetes atau orang yang berdiet rendah kalori.

Umbi bengkuang biasa dijual orang untuk dijadikan bahan rujak, asinan, manisan [5], atau dicampurkan dalam masakan tradisional seperti tekwan. Umbi bengkuang sebaiknya disimpan pada tempat kering bersuhu 12 °C hingga 16 °C. Suhu lebih rendah mengakibatkan kerusakan. Penyimpanan yang baik dapat membuat umbi bertahan hingga 2 bulan.

Walaupun umbinya dapat dimakan, bagian bengkuang yang lain sangat beracun karena mengandung rotenon, sama seperti tuba. Racun ini sering dipakai untuk membunuh serangga atau menangkap ikan, terutama yang diambil dari biji-bijinya.

Meski beracun, biji bengkuang pun dapat dijadikan bahan obat. Biji yang ditumbuk dan dicampur dengan belerang digunakan untuk menyembuhkan sejenis kudis. Sementara, di Jawa Tengah, setengah butir biji bengkuang dapat digunakan sebagai obat urus-urus. Keracunan biji bengkuang biasanya diatasi dengan meminum air kelapa hijau. Bengkuang konon dapat digunakan untuk mempelancar buang air besar karena ia mengandung serat yang lebih tinggi daripada mangga.
Mengobati batu ginjal dan empedu

Potasium dan fosfor yang terkandung didalam buah bengkuang adalah zat yang sangat bagus bagi tubuh terutama untuk ginjal dan empedu, jadi saat anda mengalami masalah pada batu ginjal atau empedu mengkonsi buah bengkuang adalah salah satu alternatif yang dapat kita ambil untuk mengobatinya. namun demikian, konsultasi kedokter juga perlu kita lakukan.

Mampu memperlancar pencernaan dan mencegah terjadinya konstipasi

Buah bengkuang adalah buah yang terkenal akan serat, inilah yang menyebabkan buah bengkuang sangat bagus untuk pencernaan, saat tubuh kekurangan serat akan menyebabkan susah buang air besar yang dapat berakibat konstipasi.

Khasiat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Sebagai Berikut :
1.Menurunkan kadar kolestrol dalam darah
Khasiat buah bengkuang juga mampu mengontrol kadar kolestrol darah, zat-zat kimia yang terkandung didalam bengkuanglah yang menyebabkan buah bengkuang mampu mengatasi hal tersebut

2.Menghentikan diare
Bila kita mengalami penyakit diare bengkuang menjadi salah satu alternatif yang dapat kita ambil untuk mengobatinya, serat yang terdapat didalam buah bengkuang mampu mengatasi masalah tersebut, caranya cukup dengan mengkonsumsi buah bengkuang secara langsung.

3.Buah Bengkuang Baik untuk Penderita Diabetes Mellitus
Serat yang terdapat dalam bengkuang berfungsi menurunkan gula darah, karena akan diserap pencernaan secara tidak semua diubah menjadi glukosa. Untuk menjaga kadar gula darah tetap normal, Buah bengkuang dapat di konsumsi dengan cara di jus atau diparut kemudian disaring di ambil sarinya dan di minum setiap hari pada pagi dan sore hari.

4.Buah Bengkuang Untuk Mengobati Sariawan
Penyebab terjadinya sariawan adalah karena kekurangan vitamin C, alergi, atau kurang stabilnya daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C  dalam bengkuang berfungsi sebagai antioksidan bisa membantu mempercepat proses penyembuhan. Untuk Memanfaatkan bengkuang sebagia obat sariawan ini dapat di lakukan dengan cara di buat jus dan tamhakan madu 1 sendok makan kemudian ketika minum ramuan buah ini tahan beberapa detik di dalam mulut lalu telan.

5.Buah Bengkuang Sebagai Sumber fitoestrogen Alami
Buah bengkuang juga mengandung estrogen, yang baik di konsumsi untuk wanita yang telah memasuki masa menopause. Dengan demikian keluhan yang umum pada masa menopause bisa dihindari, sehingga tubuh menjadi lebih segar dan lebih menarik .

6.Buah Bengkuang Untuk Menurunkan Tingkat Kolesterol Darah
Buah bengkuang juga mampu membantu menurunkan kolesterol dalam darah, hal ini di sebabkan karena adanya kandungan air dan serat yang tinggi dalam buah bengkuang. Selain serat dan kadar air tinggi, kandungan vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang membantu pengurangan kadar kolesterol.

7.Buah Bengkuang Membantu Mengurangi Produksi Asam Lambung
Ahli Naturopathic menyarankan untuk mengkonsumsi Bengkuang dalam keadaan segar. Hal ini karena sifat umbi yang dingin dan alkali, sehingga lebih cepat menyerap asam lambung yang berlebih .

8.Buah Bengkuang Membantu Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
Di dalam buah bengkuang terdapat beberapa fitonutrien yang ditemukan dalam bengkuang bisa meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga terhindar dari serangan berbagai infeksi dan penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan mikroorganisme berbahaya lainnya.

Manfaat Bengkuang Untuk Kecantikan :
1.Mencegah penuaan dini
Buah ini ternyata salahsatu buah yang tinggi kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang menjadikan kulit lebih cepat menua. Tidak perlu repot dan susah payah kita langsung dapat mengkonsumsinya secara rutin setiap hari buah begnkuang ini untuk mendapatkan manfaatnya.

2.Mencerahkan kulit
Buah bengkoang mengandung banyak vitamin B1 dan vitamin C yang bekerja bersamaan untuk menyehatkan dan menjadikan tampilan kulit lebih cerah berseri. Untuk mencerahkan wajah dengan bengkoang, Anda bisa memanfaatkannya untuk masker. Kupas bengkoang segar, kemudian parut sebagian. Gunakan parutan daging buah bengkoang ini sebagai masker wajah.

3.Mendinginkan kulit
Gunakan masker dari bengkoang parut di kulit tubuh dan wajah yang terkena sinar matahari. Anda bisa mendinginkan irisan buah bengkoang di dalam lemari es terlebih dahulu sebelum memarutnya.

4.Menjadikan kulit sehat
Kandungan vitamin B1, vitamin C, dan berbagai mineral penting dalam bengkoang bisa menjadikan kulit Anda lebih sehat dan segar. Konsumsi buah bengkoang segar atau jus bengkoang yang tidak ditambahkan pemanis atau susu secara teratur untuk mendapatkan kulit yang segar bercahaya alami.