Pages

Wednesday, January 28, 2015

Jus Melon Dan Manfaatnya

 Jus Melon Dan Manfaatnya

Melon (Cucumis melo L.) merupakan nama buah sekaligus tanaman yang menghasilkannya, yang termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buahnya biasanya dimakan segar sebagai buah meja atau diiris-iris sebagai campuran es buah. Bagian yang dimakan adalah daging buah (mesokarp). Teksturnya lunak, berwarna putih sampai merah, tergantung kultivarnya.
    gambar buah melon
  • Tumbuhan semusim, merambat tetapi menjalar, tidak memanjat. Daun berbentuk menjari dengan lekuk moderat sehingga seperti lingkaran bersudut. Batangnya biasanya tidak berkayu.

    Tumbuhan ini berumah satu dengan bunga dua tipe: bunga jantan dan hermafrodit. Bunga jantan muncul biasanya pada saat tanaman masih muda atau bila tumbuhnya kurang baik.

    Buah bertipe pepo. Bagian mesokarp menebal menjadi daging buah yang berair. pemuliaan diarahkan pada daging buah yang tebal, manis, serta jika mungkin, harum.
BUAH MELON MANFAATNYA ADALAH:

Sumber Vitamin C
Vitamin C merupakan vitamin yang sangat penting bagi tubuh. Vitamin bersifat sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sumber Vitamin A
Vitamin A memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh. Diantaranya adalah mejaga kesehatan mata, gigi, kulit, tulang, dan selaput lendir.

Kaya Kalium
Kalium atau Potassium berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Setiap harinya, orang dewasa membutuhkan 4700 mg kalium.

Kandungan Likopen
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa likopen mampu menurunkan risiko serangan beberapa jenis kanker juga mencegah terjadinya serangan jantung.

Mencegah Diabetes dan Stroke
Selain beberapa manfaat di atas, buah melon juga termasuk buah yang rendah kalori dan dan rendah lemak.

Menyehatkan Mata
Manfaat Buah melon juga dapat menyehatkan mata, buah ini diperkaya dengan kandungan zat betakaroten yang berguna untuk meningkatkan ketajaman pengelihatan dan menjaga kesehatan mata.

Mencegah Kanker
Karotenoid adalah pigmen sebagai pemberi warna pada buah dan sayuran. Kandungan karotenoid yang tinggi pada buah melon ini dapat mencegah serangan kanker, seperti kanker paru-paru dan  kanker payudara.

Ternyata selain enak dimakan dan menyegarkan, buah melon juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.

CARA MEMBUAT JUS MELON SEBAGAI BERIKUT:

Jus buah melon original
Bahan-bahan :
  1.     1/2 Melon
  2.     1 Sendok teh gula pasir
  3.     Sejumput garam
Cara membuat :
  •     Potong daging melon kecil-kecil agar cepat halus.
  •     Masukkan dalam blender bersama gula dan garam.
  •     Tambahkan potongan es batu jika diinginkan untuk menambah kesegaran.
  •     Haluskan kemudian tuang kesegelas dan siap di minum