Pages

Thursday, April 30, 2015

Opak Ketan

Opak adalah(snek) kering renyah sejenis dengan kerupuk Khas Sunda, Jawa Barat. Opak berbeda bahan dasarnya dari kerupuk. Kerupuk terbuat dari tepung tapioka, sedangkan opak terbuat dari tepung beras yang diberi bumbu garam, gula, dan bumbu penyedap.

Jenis Opak
Opak Ketan : Adalah opak khas Jampang Kulon, Sukabumi Jawa Barat ini memang terkenal rasanya yang gurih dan renyah, masyarakat disana sendiri sering menyebutnya CD Jampang yang terbuat dari beras ketan, opak ketan sendiri ada 2 jenis yaitu :
  1. Opak Ketan Asin
  2. Opak Ketan Manis atau orang Sunda Sering menyebutnya dengan sebutan Opak Bereum
Opak Singkong : Atau orang Sunda sendiri menyebutnya Opak Sampeu adalah makanan khas Sunda yang terbuat dari Singkong yang diparut, lalu dikasih bumbu seperti, Garam, MSG, dan Cabe Merah
Opak dikenal pertama kali didaerah Sunda Jawa Barat, terutama kawasan Priangan. Bahan dasar berupa tepung beras yang telah dibumbui dicampur dengan air sehingga berbentuk adonan lunak. Adonan ini kemudian diambil sebagian dan dibentuk lembaran-lembaran tipis. Lembaran ini lalu dikeringkan. Setelah kering, lembaran dipanggang di atas bara api sehingga melunak dan renyah.

Resep Opak Ketan
Gambar Opak KetanBahan :
  • 1 Kilo gram tepung beras ketan yang berkualitas baik
  • 2 Butir buah kelapa ( kupas kulitnya lalu diparut )
  • Gula pasir secukupnya,garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
Cara Membuat :
  1. Semua bahan dicampur menjadi satu dalam satu wadah lalu diaduk sampai tercampur rata
  2. Bentuk bulat-bulat kecil adonan ukuran sesuai selera lalu dipipihkan
  3. Jemur adonan yang sudah dipipihkan dibawah terik matahari sampai benar-benar kering
  4. Panggang adonan yang sudah kering diatas bara tunggu sampai matang sambil dibolak balik supaya tidak gosong dan renyah
  5. Diamkan opak sampai dingin lalu masukkan kedalam toples
  6. Opak ketan khas sunda siap disajikan