Pages

Tuesday, August 18, 2015

11 Manfaat Asam Jawa

Asam jawa
Gambar Buah Asam jawa
Asam jawa, asam atau asem adalah sejenis buah yang masam rasanya; biasa digunakan sebagai bumbu dalam banyak masakan Indonesia sebagai perasa atau penambah rasa asam dalam makanan, misalnya pada sayur asam atau kadang-kadang kuah pempek.

Asam jawa dihasilkan oleh pohon yang bernama ilmiah Tamarindus indica, termasuk ke dalam suku Fabaceae (Leguminosae). Spesies ini adalah satu-satunya anggota marga Tamarindus. Nama lain asam jawa adalah asam (Mly.), asem (Jw., Sd.), acem (Md.), asang jawa, asang jawi (berbagai bahasa di Sulawesi) dan lain-lain. Juga sampalok, kalamagi (Tagalog), magyee (Burma), ma-kham (Thai), khaam (Laos), khoua me (Kamboja), me, trai me (Vietnam), dan tamarind (Ingg.). Buah yang telah tua, sangat masak dan dikeringkan biasa disebut asem kawak.

Hasil dan kegunaan
Daging buah asam jawa sangat populer, dan digunakan dalam aneka bahan masakan atau bumbu di berbagai belahan dunia. Buah yang muda sangat masam rasanya, dan biasa digunakan sebagai bumbu sayur asam atau campuran rujak. Buah yang telah masak dapat disimpan lama setelah dikupas dan sedikit dikeringkan dengan bantuan sinar matahari. Asam kawak --demikian ia biasa disebut-- inilah yang biasa diperdagangkan antar pulau dan antar negara. Selain sebagai bumbu, untuk memberikan rasa asam atau untuk menghilangkan bau amis ikan, asem kawak biasa digunakan sebagai bahan sirup, selai, gula-gula, dan jamu.Cara membuatnya adalah menjemur daging buah asam jawa yang sudah dibuang kulitnya yang sudah bulatan-bulatan sekecil telur itik. Lebih jauh lagi, asam kawak ini dapat diolah menjadi madu asam, dengan cara menjemur asam kawak dalam tempat yang teertutup, hingga keluar suatu cairan coklat kehitaman. Cairan ini --madu asam-- digunakan untuk mengobati seriawan (sariawan). Sebagai obat sariawan, bisa juga memakai kulit kayu untuk dikumur-kumur.

Di Bawah Ini Manfaat Buah Asam Jawa :
1. Mengobati disentri
Disentri merupakan penyakit yang menyerang usus. Gejala penyakit ini ditandai dengan perut terasa mulas, BAB di sertai darah dan lender. Penyakit ini disebabkan oleh perkembangan baktri dan amoeba. Dengan ramuan tradisional asam jawa penyakit ini bisa di sembuhkan.

Cara Menggunakan:  
Tumbuklah asam jawa sebanyak 5 gram, 10 gram kunyit dan temulawak sebanyak 10 gram. Selanjutnya serbuk halus tersebut campurkan dengan air panas dan saring airnya. Cukup tambahkan madu satu sendok dan ramuan tersebut siap diminum.

2. Obat penyakit difteri
Penyakit ini menyerang saluran pernafasan yang di sebabkan oleh bakteri corynebacterium diphtheria. Ditandai dengan sakit tenggorokan, panas tinggi, dan penderita merasa sulit bernafas dan menelan makanan, serta adanya lender dalam hidung dan mulut. Penyakit ini bisa di sembuhkan dengan obat herbal tradisional dari asam jawa.

Cara Menggunakan :
Sediakan 5 gram lobak, 5 gram kencur, 5 gram bawang merah, 10 gram daun papaya. Tumbuk bahan-tersebut bersama asam jawa. Kemudian hasil tumbukan di seduh dengan air panas. Ramuan tersebut digunakan untuk berkumur dan jangan diminum. Lakukan pengobatan tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari.

3. Mengatasi demam setelah nifas
Buatlah ramuan asam jawa untuk mengobatinya. Siapkan satu jari asam jawa yang kering dan gula aren secukupnya, Seduh dengan satu gelas air panas. Minum saat airnya hangat. Lakukan dua kali sehari.

4. Mengobati eksim
Eksim adalah penyakit kulit yang merusak jaringan sehingga kulit melepuh dan mengeluarkan nanah. Eksim biasa menyerang usia anak-anak. Dengan asam jawa bisa dipercaya mampu membantu mengatasi eksim.

Cara Menggunakannya ;
Bagaimana cara mengobatinya? Anda membutuhkan segenggam asam jawa, umbi temulawak, dan gula aren. Bahan tersebut di tumbuk dan kemudian direbus dengan 2 gelas air. Selanjutnya saring airnya dan minum ramuan obat herbal tersebut. Ada cara pengobatan lainnya selain diminum, tumbukan asam jawa juga bisa di balurkan pada kulit yang sakit.

5. Mengatasi darah rendah
Untuk mengatasinya gunakan ramuan asam jawa berikut. Siapkan 5 gram asam jawa, 10 gram gula, 250 gram daun bayam, 15 gram cabai rawit, dan garam secukupnya. Kemudian rebus daun bayam setengah matang untuk di jadikan sebagai lalapan. Bahan selainnya di tumbuk halus untuk di buat menjadi sambal. Lalapan dan sabal tersebut di makan menemani makan siang Anda dengan nasi beras merah. Lakukan kebiasaan tersebut setiap hari.

6. Mengobati ambeien
Semua pasti tidak percaya diri saat terkena ambeien. Untuk mengatasinya salah satunya dengan ramuan asam jawa. Siapkan 6 gram daun keji beling, 6 gram meniran, 3 gram temulawak, dan 1 gram asam jawa tentunya. Semua bahan di rebus dengan 1 liter air. Setelah direbus biarkan dingin dan kemudian saring airnya. Minum airnya sebanyak 3 kali dalam sehari.

7. Menurunkan demam bayi
Jangan panic ketika bayi Anda demam. Ambil asam jawa dan kunyit sebanyak ibu jari, dua tangkai daun bawang, 5 lembar daun melati yang masih muda. Tumbuk bahan tersebut. Tempelkan pada ubun-ubun bayi Anda hingga kering.

8. Menurunkan kolesterol
Manfaat asam jawa yang satu ini sangat penting untuk orang tua, betul ia bisa menurunkan kolesterol. Kolesterol bisa di kurangi kadarnya dengan ramuan asam jawa. Siapkan 200 gram asam jawa dan tumbuk sampai halus. Tuangkan 200 ml air panas dan saring airnya. Setelah itu diminum sebanyak 3 kali sehari.

9. Mengobati nyeri haid
Ada cara untuk mengobati nyeri saat haid. Namun sangat tidak dianjurkan untuk wanita hamil. Siapkan satu genggam asam jawa yang masih muda dan kunyit sebesar 2 jari. Tumbuk bahan tersebut dan selanjutnya rebus bersama 1 gelas air. Saring airnya dan minum selama satu minggu sebelum masa haid.

10. Mengobati asma
Untuk membuat ramuan asam jawa dalam mengatasi asma tidak sulit. Ambil 2 potong kulit pohon asam jawa dan juga pohon adas pulowaras. Rebus bahan tersebut dengan 2 gelas air. Saring airnya dan minum ramuannya setiap hari.

11. Obat batuk kering
Ambil 3 buah polong asam jawa dan 1 genggam daun saga. Rebus keduanya dengan 4 gelas iar hingga tersisa setengahnya. Saring airnya dan minum sebanyak 2 kali sehari. Lakukan di pagi dan sore hari secara rutin setiap harinya.