Pages

Tuesday, August 18, 2015

Buah Aprikot bagi kesehatan

Aprikot (Prunus armeniaca, bahasa Latin untuk "plum Armenia", syn. Armeniaca vulgaris
Gambar Buah Aprikot
Lam., Armenia: Ծիրան, Mandarin: 杏 xing) adalah salah satu spesies dari subgenus Prem. Asal tanaman ini sulit dipastikan karena sudah dibudayakan orang sejak zaman prasejarah. Kemungkinan besar tanaman ini berasal dari sebelah utara dan barat daratan Cina atau Asia Tengah, tapi mungkin juga berasal dari Korea atau Jepang.

Manfaat Aprikot Untuk Kesehatan :

1. Menjaga kesehatan mata
Beta-karoten merupakan salah satu kandungan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata. Beta-karoten ini bisa kita dapatkan pada buah aprikot.

2. Untuk Mencegah serangan jantung
Kandungan carotenoids pada aprikot adalah antioksidan sehingga dapat membantu pencegahan serangan jantung. Selain itu juga mengurangi level kolesterol jahat dalam tubuh, serta melindungi badan dari kemungkinan penyakit kanker yang ganas.

3. Manfaat aprikot untuk mengobati asma dan batuk
Biji buah aprikot juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit asma dan batuk serta dapat membantu sistem respirasi.

4. Perawatan kulit
Minyak aprikot dapat digunakan dalam perawatan kulit. Selain membuat kulit bersinar dan halus, minyak aprikot mampu mengobati kudis dan eksim.

5. Mengatasi sembelit
Kandungan serat yang terdapat dalam buah aprikot dapat mengatasi sakit sembelit dan membantu memperlancar sistem pencernaan.

6. Manfaat aprikot untuk mengobati anemia
Buah aprikot juga dapat digunakan untuk mengobati anemia. Hal ini karena aprikot mengandung mineral seperti besi dan tembaga yang membantu dalam produksi hemoglobin.