Pages

Tuesday, August 25, 2015

Sikecil Buah Ceri

Buah Ceri
Gambar Buah Ceri
Ceri adalah kelompok tumbuhan maupun buahnya anggota marga Prunus. Ceri tidak mencakup satu jenis saja, tetapi ada beberapa, seperti P. cerasus, P. avium, dan P. emarginata.

Ceri adalah pohon yang sangat disukai di Jepang dan bunganya disebut sakura. Pada awal musim semi, di saat bunga ceri bermekaran, orang-orang berpiknik di taman-taman yang ditumbuhi pohon ini. Di Australia ceri biasanya matang sekitar waktu Natal, sedangkan di Amerika dan Eropa selatan pada bulan Juni. Produksi di seluruh dunia saat ini tiga juta ton per tahun. Selain itu bunga dan buah ceri juga dijadikan hiasan hidangan makanan atau minuman. Buah ceri mengandung antosianin, yaitu pigmen warna merah yang baik untuk kesehatan karena merupakan antioksidan. Selain itu, rutin mengkonsumsi buah ceri setiap hari dapat menurunkan jumlah kadar asam urat dalam tubuh, bahkan dapat menyembuhkan pirai. Cherries Good For Gout

Musim Tanam
Ceri memiliki musim tanam yang sangat singkat dan bisa tumbuh didaerah beriklim sedang. Musim puncak untuk panen ceri adalah dimusim panas.

Di Australia dan Selandia Baru, masa puncak panen ceri adalah pada akhir bulan Desember, di Eropa selatan pada bulan Juni, di Amerika Utara pada bulan Juni, di Kanada pada bulan Juli hingga pertengahan bulan Agustus dan di Inggris masa puncak panen buah ceri adalah pada bulan Juli.

Seperti kebanyakan pohon beriklim sedang, biji ceri membutuhkan udara dingin untuk dapat tumbuh (mekanisme pohon berevolusi untuk mencegah perkecambahan selama musim gugur, yang kemudian akan menghasilkan bibit yang dibunuh oleh suhu musim dingin).

Lubang-lubang yang ditanam di musim gugur (setelah pertama menjadi dingin) dan bibit muncul di musim semi. Sebuah pohon ceri akan memakan waktu tiga sampai empat tahun untuk menghasilkan panen buah pertama, dan tujuh tahun untuk mencapai kematangan penuh. Karena kebutuhan cuaca dingin, tak satu pun dari keluarga Prunus dapat tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia.

10 Manfaat Buah Ceri Ada Di bawah ini :

1. Kaya antioksidan
Buah ceri kaya akan antioksidan yang berkhasiat untuk mencegah penuaan dini dan mengurangi stress. Buah ceri juga dapat mencegah penyumbatan darah karena mengandung senyawa flavonoid atau glikisida antosianin.

2. Kaya akan Nutrisi
Ceri mempunyai kandungan nutrisi yang sangat tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, buah ini memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga aman. Hal ini sangat berguna bagi seseorang yang sedang dalam program penurunan berat badan.

3. Pengeluaran Racun
Pengeluaran racun atau yang sering dikenal dengan detoksifikasi juga bisa dimaksimalkan dengan mengkonsumsi buah ceri. Manfaat detox yang alami ini akan terjadi dengan aman, sehingga tidak akan menyebabkan efek samping.

4. Mengatasi Asam Urat
Kandungan antosianin dalam buah ceri berkhasiat untuk mengatasi asam urat sehingga efektif untuk mengurangi peradangan nyeri sendi.

5. Penghilang Rasa Sakit
Buah ceri bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa sakit tanpa mempunyai efek samping jika dikonsumsi secara tepat.

6. Sebagai Anti Inflamasi
Buah ceri selanjutnya yakni buah ini mengandung antosianin yang juga bermanfaat untuk anti inflamasi. Atau bisa dikatakan bahwa buah ceri dapat berperan untuk mencegah penyakit berat atau kronis.

7. Meningkatkan Gairah Suami Istri
Buah ceri mempunyai kandungan manfaat vitamin A dan manfaat Vitamin C yang tinggi. Hal ini membuatnya berkhasiat untuk meningkatkan gairah baik pria maupun wanita yang sudah menikah.

8. Mengurangi Nyeri Otot
Kandungan anti inflamasi pada buah ceri berkhasiat untuk mencegah nyeri otot. Sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat menyebutkan pada atlet lari. Atlet yang meminum jus buah ceri sebelum lari jarak jauh, mengalami nyeri otot yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan atlet yang tidak meminum jus buah ceri.

9. Efektif untuk Diuretik
Buah ceri mengandung kalium yang berkhasiat untuk diuretik yang efektif. Sistem diuretik yang baik, akan menjaga teraturnya proses pembuangan urin. Zat kalium ini juga banyak terdapat pada :
  • Manfaat pisang
  • Manfaat mangga
10. Membuat Tidur Nyenyak
Buah ceri dapat mengatur tidur seseorang karena kandungan melatonin yang ada didalamnya. Selain itu, zat ini juga berguna untuk mengoptimalkan fungsi otak dengan mencegah terjadinya mudah lupa. Hal ini sama manfaat coklat bagi tubuh yang memberikan rasa tenang.