Pages

Tuesday, January 20, 2015

Jus Sirsak Dan Manfaatnya

Jus Sirsak Dan Manfaatnya


gambar buah sirsak
Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L.) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris, nangkelan (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung, "Nangko Belando" (Palembnag). Penyebutan "belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti "kantung asam") didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa.

Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiei berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang berarti kantung yang asam.

Tanaman ini ditanam secara komersial atau sambilan untuk diambil buahnya. Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut.

Buah sirsak bukan buah sejati, yang ukurannya cukup besar hingga 20-30cm dengan berat mencapai 2,5 kg. Yang dinamakan "buah" sebenarnya adalah kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antar buah. Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman serta es krim. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah:
  • vitamin C 
  • vitamin B1 
  • vitamin B2 
Diatas adalah pemahaman tentang buah sirsak dan manfaat kandunagan vitaminnya,nah sekarang cara buat jus sirsak cara nya sebagai berikut ini:


Siapkan Bahan-bahan: 

Tidak seperti buah lainnya, memang mengkonsumsi buah sirsak langsung agak merepotkan. Jadi jauh lebih baik jika kita mengolahnya menjadi jus. Untuk itu, siapkan bahan-bahan berikut ini:

Bahan - Bahan:

  1. Sirsak sebanyak 1 buah berukuran sedang. Pilih yang telah matang sempurna.
  2. Gula pasir sebanyak 3 sendok makan. Pilih yang rendak kalori agar tidak merusak manfaat jus sirsak Anda.
  3. Susu kental manis sebanyak 5 sendok makan.
  4. Es batu sebanyak ¾ gelas.
  5. Air matang sebanyak 250 ml.

Cara pembuatan: 

  • Pertama, kupas buah sirsak dari kulitnya dan pisahkan daging buah dari bijinya.
  • Kemudian masukkan daging buah sirsak tersebut ke dalam wadah blender bersama dengan susu kental manis dan juga gula pasir. Nyalakan mesin dan tunggu hingga semua bahan halus sempurna.
  • Tuang jus sirsak ke dalam gelas saji dan tambahkan di atasnya es batu atau es serut.
  • Jus sirsak Anda sudah siap dan bisa dinikmati.
Jus sirsak ini sangat bagus buat kesehatan apalagi mengkonsumsi setiap hari, dan semoga manfaat jus sirsak ini sangat berguna bagi setiap pembaca artikel yang singakat ini selamat mencoba.dan semoga hari-hari anda menyehatkan.