Pages

Thursday, September 17, 2015

10 Manfaat dan Khasiat Buah Kedondong Bagi Kesehatan

Buah Kedondong
Gambar Pohon Kedongdong
Kedondong adalah tanaman buah yang tergolong ke dalam suku mangga-manggaan (Anacardiaceae). Tanaman ini dikenal pula dengan nama ambarella, hog plum, hevi (Filipina), mokah (Kamboja), gway (Myanmar), makak farang (Thailand).

Buah kedondong dapat dimakan langsung dalam kondisi segar, atau sering pula diolah menjadi rujak, asinan, acar atau dijadikan selai. Buah ini memiliki biji tunggal yang berserabut. Daun dijadikan penyedap dalam pembuatan pepes ikan.

Manfaat dan Khasiat Buah Kedondong Bagi Kesehatan Antara Lain :

1.Obat Baruk

Resep:
Siapkan 3 buah kedondong kemudian cuci hingga bersih.
Setelah itu parut buah kedondong hingga selesai.
Tanpa ditambah air peras airnya dan berikan sedikit garam. Siap untuk diminum 2x dalam sehari.

2.Obat Sakit Perut Dan Diare

Resep:
Gunakan ± 15 gram kulit batang kedondong yang masih segar lalu cuci sampai bersih.
Setelah dicuci kemudian dipotong-potong kecil,
Rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit.
Setelah air rebusan dingin segera saring, dan air hasil saringan bisa diminum 2x sehari.

3.Mengobati Borok  dan Luka Terbakar

Daun kedondong juga digunakan secara tradisional untuk mengobati obat borok, luka perih dan luka terbakar.

4.Mengobati dan Mengatasi Diare

Resep:
Gunakan kurang lebih 15 gram kulit batang kedondong segar yang telah dicuci bersih. 
Lalu potong kecil-kecil dan rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. 
Tunggu sampai dingin lalu saring dan air hasil saringan dapat diminum 2 kali sehari.

5.Pemeliharaan Saluran Pencernaan dan Diet

Kandungan serat pada 100 gram buah kedondong yang mencapai 0,83-3,60 mg sangat bermanfaat untuk melancarkan fungsi saluran cerna.Selain itu, karena mengandung lemak, protein dan karbohidrat dalam jumlah rendah, buah kedondong juga dapat membantu bagi mereka yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan. Hanya saja, jika ingin mengkonsumsi buah kedondong untuk diet, pilihlah yang belum matang benar karena kandungan buah kedondong yang belum matang benar ini sangat tinggi serat dan air. Sementara buah kedondong yang matang kandungan sukrosanya tinggi sehingga menambah jumlah kalori di dalamnya.

6.Mengatasi Anemia

Bagi anda yang mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah dianjurkan untuk mengkonsumsi kedondong, dengan mengkonsumsi 100 gr anda sudah mengasup 30 mg zat besi, dapat membantu proses pembentukan sel darah merah.

7.Mencegah penyakit jantung

Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, kedondong mengandung kalsium, seperti ayng ktia ketahui, kalsium sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung.

8.Kesehatan mata

Adanya kandungan vitamin A pada buah kedondong sehingga berperan penting dalam kesehatan indera penglihatan manusia. Vitamin ini membantu menyalurkan objek yang diterima oleh retina mata ke otak sebagai sebuah gambar. Senyawa yang berperan dalam hal ini adalah retinol.

9.Menambah daya tahan tubuh

Dengan adanya kandungan zat gizi yang terkandung dalam buah kedondong berupa unsur gula dalam bentuk sukrosa tentunya sangat penting sebagai vitalitas dan daya tahan tubuh.

10.Sebagai antioksidan

Berkat kandungan Vitamin A sehingga buah kedondong ini dapat berfungsi sebagai antioksidan. Selain vitamin A, buah kedondong juga mengandung vitamin C. Tentu saja kedua jenis vitamin ini sangat berperan aktif sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Baik radikal bebas yang berasal dari oksidasi tubuh mupun polusi dari luar.