Buah Nangka Banyak Manfaatnya

Buah Nangka 
Gambar Irisan Buah Nangka
Nangka adalah nama sejenis pohon, sekaligus buahnya. Pohon nangka termasuk ke dalam suku Moraceae; nama ilmiahnya adalah Artocarpus heterophyllus. Dalam bahasa Inggris, nangka dikenal sebagai jackfruit.

Penjelasan
Pohon nangka umumnya berukuran sedang, sampai sekitar 20 m tingginya, walaupun ada yang mencapai 30 meter. Batang bulat silindris, sampai berdiameter sekitar 1 meter. Tajuknya padat dan lebat, melebar dan membulat apabila di tempat terbuka. Seluruh bagian tumbuhan mengeluarkan getah putih pekat apabila dilukai.

Daun tunggal, tersebar, bertangkai 1–4 cm, helai daun agak tebal seperti kulit, kaku, bertepi rata, bulat telur terbalik sampai jorong (memanjang), 3,5-12 × 5–25 cm, dengan pangkal menyempit sedikit demi sedikit, dan ujung pendek runcing atau agak runcing. Daun penumpu bulat telur lancip, panjang sampai 8 cm, mudah rontok dan meninggalkan bekas serupa cincin.

Tumbuhan nangka berumah satu (monoecious), perbungaan muncul pada ketiak daun pada pucuk yang pendek dan khusus, yang tumbuh pada sisi batang atau cabang tua. Bunga jantan dalam bongkol berbentuk gada atau gelendong, 1-3 × 3–8 cm, dengan cincin berdaging yang jelas di pangkal bongkol, hijau tua, dengan serbuk sari kekuningan dan berbau harum samar apabila masak. Bunga nangka disebut babal. Setelah melewati umur masaknya, babal akan membusuk (ditumbuhi kapang) dan menghitam semasa masih di pohon, sebelum akhirnya terjatuh. Bunga betina dalam bongkol tunggal atau berpasangan, silindris atau lonjong, hijau tua.

Buah majemuk (syncarp) berbentuk gelendong memanjang, seringkali tidak merata, panjangnya hingga 100 cm, pada sisi luar membentuk duri pendek lunak. 'Daging buah', yang sesungguhnya adalah perkembangan dari tenda bunga, berwarna kuning keemasan apabila masak, berbau harum-manis yang keras, berdaging, kadang-kadang berisi cairan (nektar) yang manis. Biji berbentuk bulat lonjong sampai jorong agak gepeng, panjang 2–4 cm, berturut-turut tertutup oleh kulit biji yang tipis coklat seperti kulit, endokarp yang liat keras keputihan, dan eksokarp yang lunak. Keping bijinya tidak setangkup.

6 Manfaat Buah Nangka Sebagai Berikut :
  1. Peningkat Sistem Kekebalan Tubuh Yang Alami. Sumber Vitamin C yang melimpah dalam buah nangka dapat melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri yang mengancam kesehatan anda. Maka dari itulah, mulailah mengkonsumsi buah nangka untuk memperkuat sistem imun tubuh yang anda miliki.
  2. Penangkal Kanker Yang Sangat Efektif. Buah nangka ternyata mengandung berbagai nutrisi untuk mencegah penyakit kanker yang mematikan tersebut. Nutrisi yang dimaksud yaitu fitonutrien yang terdiri dari lignan, saponin serta isoflavon. Nutrisi tersebut berperan dalam hal melenyapkan berbagai radikal bebas penyebab kanker didalam tubuh.
  3. Pelindung Agar Organ Pencernaan Tetap Sehat. Daging buah yang identik bewarna kuning ini mengandung sumber serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi serat yang utama yaitu dapat membantu menjaga kesehatan organ pencernaan serta menghindarkan dari gejala sembelit atau yang lebih dikenal dengan istilah susah buang air besar.
  4. Menutrisi Organ Penglihatan Atau Mata Anda.Nangka memiliki kandungan Vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A ini merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh organ mata, agar selalu sehat dan tidak mudah terkenal berbagai gangguan atau masalah yang terkait dengan penglihatan itu sendiri.
  5. Penurun Tekanan Darah Tinggi Yang Ampuh. Buah ini ternyata mengandung nutrisi yang bernama kalium. Fungsi kalium yaitu menurunkan tekanan darah dan juga mengurangi resiko dari serangan jantung maupun stroke yang membahayakan jiwa tersebut.
  6. Perkuat Tulang Dan Mencegah Pengeroposan Tulang. Nangka mengandung magnesium dan kalsium, kedua nutrisi itulah yang dapat membantu mencukupi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang anda. Agar lebih kuat dan tidak mudah rapuh maupun patah.
Sumber : Wikipedia

 
Copyright ©2015-2018Resep Masakan-
Template By. Catatan Info