KRUPUK UDANG SEDERHANA

GAMBAR KERUPUK UDANGKerupuk udang adalah kerupuk yang terbuat dari adonan tepung tapioka dan udang yang ditumbuk halus
yang diberi bumbu rempah dan penambah rasa. Kerupuk udang berasal dari Sidoarjo. Biasanya udang yang digunakan adalah udang-udang kecil atau udang rebon yang ditumbuk hingga halus. Adonan mentah ini kemudian dikukus dan setelah matang dan kenyal diiris tipis-tipis, setelah itu dijemur hingga kering. Pengeringan dengan terik matahari biasanya sekitar 2-3 hari. Kerupuk mentah yang kering ini siap digoreng kapan saja agar bisa menjadi kerupuk yang siap dihidangkan.

Kerupuk udang adalah salah satu jenis kerupuk yang paling popular di kalangan pengemar kerupuk karena rasanya yang gurih dan renyah serta memiliki aroma yang khas , kerupuk udang sangat mudah kita jumpai seperti di pasar tradisional hingga supermarket modern ,selain renyah dan gurih kerupuk udang juga banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh anda karena mengandung protein, vitamin B12, magnesium, zat besi, kalsium dan fosfor yang mampu menjaga kesehatan rambut, kulit dan kuku. Pengolahan kerupuk udang yang baik dan benar tentu saja menjadi hal yang sangat berpengaruh dalam menjaga kandungan gizinya.

Cara membuat kerupuk udang pun sangat mudah , anda bisa lakukan di rumah. Di bawah ini akan jelaskan langkah-langkah membuat kerupuk udang yang tentunya bisa dilakukan sendiri dirumah dengan rasa gurih dan enak.

RESEP CARA PEMBUATAN KERUPUK UDANG
Bahan :
  • 2 Kilo gram tepung tapioka
  • 2 Kilo gram udang
  • Air secukupnya
  • Garam dapur secukupnya
  • Lada dan moto secukupnya
Cara Pembuatan Kerupuk Udang : 
  1. Udang harus anda hilangkan kepala dan kulitnya, kemudian cuci lah udang yang sudah anda hilangkan kepala dan kakinya dan tumbuk sampai halus
  2. Setelah itu Campurkanlah 1 kg tepung tapioka dengan udang yang sudah anda tumbuk
  3. Haluskanlah Lada dan tambahkanlah moto serta sedikit air, kemudian campurkanlah dengan 1 kg tepung tapioka .
  4. Kedua adukan tersebut anda campur jadi satu dan aduk hingga rata
  5. Setelah Adonan kerupuk udang rata, silahkan anda bungkus menggunakan daun pisang yang dibuat bulat panjang kemudian dikukus kurang lebih selama 2 jam
  6. Setelah matang , kemudian anda harus dinginkan dan iris tipis-tipis setelah itu jemur hingga kering
  7. Setelah kering, anda bisa mengorengnya dan kerupuk udang sudah siap untuk disantap

 
Copyright ©2015-2018Resep Masakan-
Template By. Catatan Info