Pages

Thursday, July 2, 2015

Resep Jenang Kudus

Jenang Kudus
Jenang Kudus adalah makanan sejenis dodol Garut yang berasal dari Kudus, Jawa Tengah. Jenang Kudus merupakan oleh-oleh khas dari Kudus. Jenang ini biasanya dijual dalam potongan-potongan kecil, dibungkus aluminium foil, dan dimasukkan ke dalam kemasan dus.Di Kudus, ada ratusan industri rumahan pembuat 
Proses produksi dan adonan bahan tradisional mudah dikerjakan walau secara manual dan mempekerjakan Sumber Daya Manusia yang relatif banyak.

Jenang Kudus merupakan oleh-oleh khas Kudus Jawa Tengah yang terbuat dari tepung beras ketan, santan kelapa dan gulaJawa. Walaupun sekarang sudah dibuat dengan aneka rasa seperti Durian, Jahe, Wijen, Susu, Strowbery dan lain sebagainya, namunJenang Kudus tetap mempertahankan keaslian warna coklatnya dengan gula Jawa.

Rasa kenyal dan manis Jenang Kudus hampir sama dengan Dodol Garut, namun Jenang Kudus mempunyai cirri khas tersendiri dalam cita rasanya karena keaslian bahan-bahan serta cara pengolahannya, dengan menggunakan Wajan besar atau Kawah lapis baja serta diaduk dengan menggunakan kayu yang menyerupai dayung, selama 4 jam berturut-turut di atas tungku api kayu bakar . Cara ini pula yang digunakan para leluhur mereka pada jaman dahulu kala.

Mitos Jenang Kudus
Mitos atau cerita lisan yang dituturkan dari generasi ke generasi tentang Jenang Kudus adalah sebagai berikut:
  • Mbah Dempok Sopoyono yang merupakan cikal-bakal desa Kaliputu ( sampai sekarang makamnya dikeramatkan warga desa Kaliputu ) dan cucunya sedang bermain burungdara di tepi sungai Gelis yang berada di wilayah Kaliputu, tiba-tiba cucu Mbah Dempok tercebur dan hanyut terbawa air Kali Gelis, setelah bisa diselamatkan dan dibawa ke darat ternyata cucu MbahDempok dinyatakan meninggal oleh Sunan Kudus ( salah satu dari Wali Sanga ). Namun oleh murid Sunan Kudus yang bernama Syech Jangkung atau disebut juga Saridin menyatakan bahwa cucu Mbah Dempok hanya pingsan atau mati suri karena diganggu Banaspati . Banaspati yaitu setan yang berada di sungai dan berambut api.
Resep Jenang Kudus
Bahan:
    Gambar Jenang Kudus
  • 1 bungkus tepung beras
  • 250 g tepung ketan
  • 1 ½ kg gula merah
  • 100 g wijen
  • 250 g gula pasir
  • 1.500 ml santan dari 2 butir kelapa
Cara membuat Jenang Kudus :
  1. Pertama siapkan semua bahan yang akan dipakai.
  2. Campurkan tepung beras dan tepung ketan, aduk dengan santan hingga rata.
  3. Masukkan gula merah, gula pasir yang sudah dicairkan dan wijen kedalam adonan.
  4. Masak adonan hingga menjadi kental.
  5. Aduk aduk terus menerus dan bisa dibentuk cetakan sesuai selera. 
  6. Dinginkan, potong-potong.
  7. Sajikan.