Manfaat Jeruk Bali_Bagi Kesehatan

Jeruk bali
Gambar Jeruk Bali
Jeruk bali, jeruk besar, atau pomelo (bahasa Inggris: pomelo, ilmiah: Citrus grandis, C. maxima) merupakan jeruk penghasil buah terbesar. Nama "pomelo" sekarang disarankan oleh Departemen Pertanian karena jeruk ini tidak ada kaitannya dengan Bali.

Jeruk ini termasuk jenis yang mampu beradaptasi dengan baik pada daerah kering dan relatif tahan penyakit, terutama CVPD yang pernah menghancurkan pertanaman jeruk di Indonesia.
Beberapa kultivar unggulan Indonesia:
  • 'Nambangan'
  • 'Srinyonya'
  • 'Magetan'
  • 'Madu'/'Bageng' (tanpa biji)
Tiga kultivar yang pertama ditanam di sentra produksi jeruk bali di daerah Kabupaten Magetan dan Kabupaten Madiun, sedangkan yang terakhir ditanam di daerah Bageng, Kabupaten Pati.

Manfaat Dan Khasiat Jeruk Bali Di antaranya :
Dikutip dari laman Okezone, berikut beragam efek menguntungkan dari mengonsumsi jeruk bali:
  • Menetralkan asam lambung . Sekalipun sifat dari air sari jeruk bali adalah asam, namun ketika masuk ke dalam lambung justru sifatnya menjadi basa. Inilah yang kemudian membuat kondisi asam lambung yang tinggi justru akan netral. Asam lambung menjadi tidak berisiko menyebabkan terjadinya refluks yang dapat mengiritasi kerongkongan. Perut pun terhindar dari kembung.
  • Mencegah plak dalam pembuluh darah. Dalam jeruk bali ada kandungan pektin. Ini adalah senyawa yang dapat mengurangi dan membersihkan timbunan plak di dalam pembuluh darah (arteri). Di samping itu jeruk bali juga mampu menjaga elastisitas dan memperkuat pembuluh darah.
  • Meningkatkan imunitas. Sistem kekebalan tubuh yang kuat menjadi sarana utama dalam melawan berbagai kuman penyebab penyakit. Di samping itu, perkembangan sel kanker dapat ditekan selama tubuh memiliki imunitas yang tinggi. Penyakit musiman juga bisa dihindari seperti batuk atau flu.
  • Membantu mengontrol kadar gula darah. Adanya vitamin C pada jeruk bali juga ikut mengontrol kadar gula darah. Buah ini baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.Selain itu, buah ini rendah kalori.

 
Copyright ©2015-2018Resep Masakan-
Template By. Catatan Info